hari batik nasionnal, taukah kamu?

on Selasa, 01 Oktober 2013
selamat siang sobat sobat sekalian,
LB22 mau tanya nih, tau gak sobat kalau hari ini hari BATIK NASIONAL?
pasti tidak banyak yang tau kan?

padahal hari batik nasional sudah ditetapkan  pemerintah  pada 2 Oktober 2009. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 17 November 2009 menerbitkan Keputusan Presiden No 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik nasional. kira kira sudah 4 tahun berlalu dan masih banyak orang yang tidak tahu.

hal ini terlihat dengan banyaknya mahasiswa yang tidak mengenakan batik pada hari ini dari pada yang memakai. mereka memang tidak tahu atau pura pura tidak tahu? hanya diri masing masing orang yang tahu.

padahal kalau di ingat ingat, dulu banyak mahasiswa dan orang yang berdemo kala batik di klaim oleh negara tetangga. tapi sekarang sepertinya kita kembali cuek lagi tentang apa yang pernah kita perjuangkan dahulu.

sebelum ngoceh lebih panjang lagi, kita perlu tahu dulu batik itu apa, menurut wikipedia ( walaupun gak bisa diakui kebenarannya)
 batik adalah:salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing.
 Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait

ada 2 teknik membatik yaitu:
  • Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
  • Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.
dan yang patut disyukuri saat ini, setelah terjadi aksi klaim dari negara tetangga. pemerintah akhirnya berusaha untuk mendapatkan pengakuan dari dunia. pemerintah Indonesia pun mendaftarkan Batik ke dalam jajaran daftar representatif budaya tak benda warisan manusia UNESCO atau Representative List of Intangible Cultural Heritage-UNESCO.

Untuk mendapat pengakuan refresentatif sebagai warisan budaya, proses yang ditempuh oleh pemerintah Indonesia terbilang cukup panjang. Berawal pada 3 September 2008 dengan proses Nominasi Batik Indonesia ke UNESCO, yang kemudian diterima secara resmi oleh UNESCO pada 9 Januari 2009 untuk diproses lebih lanjut.

Lalu, tahap selanjutnya ialah pengujian tertutup oleh UNESCO di Paris pada tanggal 11 hingga 14 Mei 2009. Dan puncaknya, pada (2/10/2009) diakhiri dengan UNESCO akan mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia yang akan dilaksanakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

dan saat ini sepertinya batik tidak lagi dipandang sebelah mata, anak muda sudah mulai menyukai batik, karena sudah ada trend fasion yang bermacam macam yang sesuai dengan jiwa anak muda sekarang.

tapi tetap aja pada hari batik ini banyak yangtak menggunakan batik , dan justru tidk tahu, tanya kenapa?

quote saya hari ini:
 jangan pernah menyianyiakan sesuatu yang kamu anggap tak penting, jika kamu sudah kehilangan penyesalan akan datang tak terkira

bonus:
ane pakek batik , gantengkan?

3 komentar:

Mas Dani mengatakan...

pertamax gan..

G jual batik gan?

Astrid Clairé mengatakan...

keduax gan. , mas dani mau order batik to?

Unknown mengatakan...

mau pesen gan? klu mas dani dan mbak asrid pesen, saya jualan

Posting Komentar