kuliah tamu jtk with djoko ari wibowo

on Kamis, 03 Oktober 2013
biasanya saya tu paling malas dan paling kagak semangat kalu disuruh ikutan yang namanya seminar atau kuliah tamu, berhubung akhir akhir ini saya nganggur dan tidak ada kerjaan kemudian kemarin saya lihat pengumuman ada kuliah tamu dari senior saya,. akhirnya  ikutlah saya pada kuliah tamu yang di adakan hari ini

 

kalau kurang jelas  apa tulisannya, ini saya tulis lagi

CAREERS IN OFFSHORE DRILLING INDUSTRY
pembicara : Djoko Ari Wibowo
A Drilling Professional who has worked for Halliburton, Transocean, ConocoPhillips, BP, Petronas Malaysia and currently working for Mubadala Petroleum Thailand as Consultant Drilling Supervisor.
tempat/tanggal : BG Munaf FTK ITS, 3 Oktober 2013
Waktu :13.00-17.00
fasilitas : Sertifikat+Snack.
 
setelah itu langsung meluncur ke meja registrasi panitia, bayar fee 5000 rupiah dibayar tunai tanpa ngutang.. dan diganti selembar tiket kwitansi
 
skip aja ya langsung pada kuliah tamu hari ini,
 
saya datang pukul 13 lebih, terlambat sih tapi ternyata belum mmulai dan masih banyak antri registrasi  (biasa penyakit orang indonesia)  , ikutan antrian ,kan saya mahasiswa yangh baik.
setelah tiba giliran saya, diminta tunjukin kwitansi kemudian mengisi daftar hadir dan kemudian dikasih snack ( isinya segelas air mineral, donat, dadar gulung, dan lemper yang keras)., selesai tengak tengok kanan kiri untuk cari tempat duduk. dan dipilihlah deretan belakang ( jangan ditiru ya,,,,)

tak beberapa lama kemudian kuliah tamu di mulai..
diawali dengan sambutan kahima jurusan teknik kelautan ( skip)
sambutan perwakilan dosen yaitu bapak rudi waluyo sbg tkk ( jangan tanya saya tkk itu apa saya juga gak tau .. dan di skip aja ya)
dan sampailah pembicara utama kita yaitu mas joko, beliau adalah alumni teknik kelautan angkatan 1994. ( L brapa ya? klu saya L29 angkatan 2009)
disini beliau bercerita tentang kehidupannya mahasiswa, dimana ip selama 3 semester pernah  nasakom ( nasib satu koma ... saya juga pernah kok mas ), kuliah juga gak mulus selama 6 tahun.
serta jatuh bangunnya mas joko dalam mencari pekerjaan dimana harus ditolak di beberapa perusahaah. di pecat padahal baru nikah 3 bulan.. dan lain lain tapi semua ada hikmahnya
 
oh ya yang terpenting dari kuliah tamu ini saya mendapat tips bagaimana bekerja di perusaan minyak secara sederhananya:
 tahap pertama yaitu, pintu masuk:
1. resmi: biasanya melalui lowongan koran atau lembaga lembaga yang ada di universitas biasanya yang dibutuhkan banyak
2. tidak resmi : di cari dengan meminta pegai wai yang sudah bekerja mencarikan pegawai (kok kayak kkn ? emang ke adaan dilapangan seperti itu) jika yang dicari sedikit 1 atau 2 orang
3.kontraktor pihak ke 3 : semacam ada biro penyedia begitu, sederhananya contohnya ya perusahhan outsorshing
4. prestasi akademik: beberapa perusahaan kadang mengabil orang karena prestasinya yang menonjol dan memiliki kelebihan bisa di bidang software atau tulisan

tahap kedua, persiapan diri:
1. siapkan bahasa inggris yang memadai , kan perusahaan minyak dan kontaktor kebanyakan bersifat internasiaona
2, menguasai basik computer, sekarang era modern jadi penting kita bisa komputer terutama mengusai software software yang berhubungan dengan bidang yang mau kita ambil
3. lolos tes kesehatan. karena kesehatan itu penting dan mahal harganya maka sebagai mahasiswa mari kita jaga kesehatan kita mulai sekarangf ( malah kampanye....)
4. lolos rekruetmen , bagaimana mau bekerja di perusahaan miyak kalu lolos seleksi rekruetmen saja tidak.

tahap ketiga, selesksi rekruitmen
biasanya beberapa tahapan yang dilalui dalam rekruitmen perusahaan adaalha
1. seleksi admistrasi ( cv dan lamaran )
2. tes tulis
3. presentasi ( individu atau kelompok bedasarkan hasil diskusi)
4. hrd interview
5. interview dari manger

 kalau semua lolos , tinggal tanda tangan kontrak.

menurut mas joko dalam melamar pekerjaan adalah persiapan diri, dimana kita belajar tentanf perusahhan tersebut, tanya tanya senior tentang pengalaman tes, dan juga menyipkan hal sepele yang bisa menggagu kita dalam test, seperti alat tulis, tidak tahu lokasi test dan lain lain.

hanya kocak dalam kuliah tamu ini, ditengah tengah kuliah tamu mas joko bernyanyi sebuah lagu rock di iringi raungan gitar dari temannya.
 


 

oh ya disini saya juga belajar tentang perbedaaan oil company dan oil contractor.
pokoknya yang paling menginspirasi tu kalu tahu gaji mas joko sekarang, mau tahu berapa? $1600/ days.. coba kita konversikan jika $1= rp 11000 maka gajinya rp 17600000. banyak kan?
tapi semua itu tidak di capai dengan mudah, semua butuh perjuangan.
 
 quote dari mas joko yang bagus:
"kesempatan tak kan ada kalau kita tidak membuatnya"
"banyak orang yang lebih pandai dari kita, tapi semua tidak masalah kalu kita bisa menjual diri "

sekian tulisan dari saya 
nuh2509@gmail.com






0 komentar:

Posting Komentar