kita ketahui bersama bahwa p200 ns memiliki 3 buah bisa atau biasa kita kenal dengan kemampuan triple spark. dan kebetulan kemarin lb22 iseng iseng membongkar ke 3 busi milik nisa ( julukan p200ns milik lb22). ternyata jenis ketika busi ini tidaklah yang sama, untuk kanan kiri bisa di katakan sama sedangkan yang tengah berbeda.
dan lb22 melakukan pengamatan lebih lanjut tentang struktur dari busi p200ns ini, dengan membandingkan dengan kendaraan lain ternyata :
busi kanan dan kiri ns = honda karisma
busi tengah ns = busi mobil keluaran nissan , seperti livina, x trail dan lain lain
dari hal ini dapat kita simpulkan bahwa busi tengah merupakan busi utama dan memiliki power yang lebih besar
pengaturan kelistrikan ns ini, di kontrol oleh bcu yang mengatur kinerja percikan api dari 3 busi yang ada. kapan harus menyala dan timingnya. bcu ini mengontrol berdasarkan 3 parameter yaitu putran gas, putaran mesin dan temperatur. ketika ketiga parameter ini memberi masukan pada bcu maka akan terjadi letupan pada busi yang sesuai dengan kebutuhan
jika sobat lb22 pernah mencoba ns , sobat akan merasakan ledakan power saat rpm 8000 keatas. hal ini ternyata terjadi karena p200 ns memiliki 2 mode yang teraplikasi langsung dan di kontrol oleh bcu yaitu mode cruising dan mode top speed.
trus apa hubungan nya busi, bcu dengan mode ini ?
mode cruising:
saat mode ini teerjadi ketiga parameter memerintahkan bcu untuk membuat ke 3 busi yang ada menyala bersamaan, dengan tujuan untuk melakukan efisiensi bahan bakar ( cmiiw )
mode top speed:
saat mode ini teerjadi ketiga parameter memerintahkan bcu untukpada mode ini busi utama yang tengah akan memercik duluan , kemudian di susul dengan busi kanan dan kiri yang memercik bersamaan. dan hal inilah yang di sinyalir sebagai penambah tenaga pada piston
ingin lebih jelas silahkan simak video berikut ini
dari sini dapat kita ambil kesimpulan
- jangan sembarangan menggati bcu/ ecu/ cdi karena akan berakibat ledakan power yang terlalu besar sehingga gerakan piston akan liar dan bisa menabrak silinder head.
- bisa berakibat keborosan bahan bakar dan kantong kosong
quote hari ini:
"masa lalu itu , adalah pengalaman jangan di jadikan acuan "
sekian tulisan dari saya, semoga menginspirasi
nuh2509@gmail.com
0 komentar:
Posting Komentar