ES OYEN pojok pasar nganjuk , maknyos rasanya

on Kamis, 14 November 2013
pagi semua,
minggu minggu ini saya sepertinya kurang produktif dalam menulis , apakah gara gara galau saya mulai hilang?, meybe..
tapi sebenarnya ada alasan lain saya jarang nulis yaitu saya lagi ikutan project jadi panitia raimuna daerah jawa timur, jadi harus sering rapat dan memeras ide.

review kuliner aja ya, biar semangatnya kembali...artikel yang ringan ringan dulu..
ada yang pernah makan es oyen? itu lho es yang berasal dari bandung
tidak lengkap rasanya review kuliner kalau tidak tahu sejarahnya , berikut sejarahnya:
sejarah es ini dimulai ketika Tn. Oyen menumpang tinggal dan berjualan di Jl Bungsu No 29 dan dikenal sebagai Es Sekoteng, karena pak Oyen yang buat maka diembel-embeli Es sekoteng Oyen. ini ternyata dari salah satu versi, versi lain menyebutkan Oyen adalah nama burung Pak Zakaria (burung yah, bukan "burung"!!, yang terakhir cuma istri Pak Zakaria yang tahu namanya) pendiri bisnis Es Oyen versi Jl Veteran.  Terserah mana yang lebih benar adalah tak penting, yang jelas isinya hampir serupa, yakni SEKOTENG plus banyak variasi lain.
udah tau kan? jadi nambah pengetahuan kita.... makanya sering sering mampir LB22..

kali ini saya tidak akan merevivew es oyen yang ada dikampung halamannya tapi mau review salah satu cabang atau duplikasinya yang ada di kota saya, mana lagi klu bukan nganjuk city

es oyen ini merupakan favorit ibu saya, penjual es oyen ini  berjualan di pinggir jalan dengan menggunakan gerobak dan kursi plastik selayaknya pedagang kaki lima. klu ingin membeli lokasinya ada di jalan mayjen D.I. panjaitan pas di ujung utara ( pojok ) jalan ini / pintu keluar dari jalan belakang pasar wage .

kita bongkar dulu apa aja isinya...
- Kelapa muda
- Alpukat
- Buah nangka
- mutiara
- Kolang-kaling
- Susu kental manis
- Sirup rasa vanila
- Serutan batu es

 cara buatnya:


  •  Siapkan semua bahan dan mangkok untuk penyajiannya.
  • Masukan buah alpukat dan kelapa muda yang sudah dikerok, tambahkan kolang-kaling,t, batu es, dan sirup rasa vanila secukupnya.
  • lalu masukan dan tmutiara dan irisan nangka diatasnya, setelah itu bubuhi dengan susu kental manis.
  • dan tentu saja ada bumbu dan takaran rahasia yang saya tidak tau yang membuat es oyen ini terasa mantap jay
 




klu ditanya gimana rasanya?
ya jelas rasanya enak, kombinasinya pas, enak klu di makan saat suasana panas panas.
sekali nyoba di jamin ketagihan deh... trust me

berapa harganya?
seporsi cukup di tebus Rp 4000 saja

sekian dulu ya review kuliner saya, klu mampir kenganjuk silahkan mampir

quote
" cinta tu sak segampang pikiran kita, perlu perasan dan logika yang tak pernah bisa dipikir" 
semoga tulisan ini menginspirasi
NUH2509@GMAIL.COM

0 komentar:

Posting Komentar