Pages

Jumat, 25 April 2014

yuk belajar tentang busi dan ecu p200ns


artikel ringan di sore hari,

kita ketahui bersama bahwa p200 ns memiliki 3 buah bisa atau biasa kita kenal dengan kemampuan triple spark. dan kebetulan kemarin lb22 iseng iseng membongkar ke 3 busi milik nisa ( julukan p200ns milik lb22). ternyata jenis ketika busi ini tidaklah yang sama, untuk kanan kiri bisa di katakan sama sedangkan yang tengah berbeda.
dan lb22 melakukan pengamatan lebih lanjut tentang struktur dari busi p200ns ini, dengan membandingkan dengan kendaraan lain ternyata :

busi kanan dan kiri ns = honda karisma





busi tengah ns  = busi mobil keluaran nissan , seperti livina, x trail dan lain lain

dari hal ini dapat kita simpulkan bahwa busi tengah merupakan busi utama dan memiliki power yang lebih besar

 pengaturan kelistrikan ns ini, di kontrol oleh bcu yang mengatur kinerja percikan api dari 3 busi yang ada. kapan harus menyala dan timingnya. bcu ini mengontrol berdasarkan 3 parameter yaitu putran gas, putaran mesin dan temperatur.  ketika ketiga parameter ini memberi masukan pada bcu maka akan terjadi letupan pada busi yang sesuai dengan kebutuhan

jika sobat lb22 pernah mencoba ns , sobat akan merasakan  ledakan power saat rpm 8000 keatas. hal ini ternyata terjadi karena p200 ns memiliki 2 mode yang teraplikasi langsung dan di kontrol oleh bcu yaitu mode cruising dan mode top speed.

trus apa hubungan nya busi, bcu  dengan mode ini ?

mode cruising:

saat mode ini teerjadi ketiga parameter memerintahkan  bcu untuk membuat ke 3 busi yang ada menyala bersamaan, dengan tujuan untuk melakukan efisiensi bahan bakar ( cmiiw )

mode top speed:

saat mode ini teerjadi ketiga parameter memerintahkan  bcu untukpada mode ini busi utama yang tengah akan memercik duluan  , kemudian di susul dengan busi kanan dan kiri yang memercik bersamaan. dan hal inilah yang di sinyalir sebagai penambah tenaga pada piston

ingin lebih jelas silahkan simak video berikut ini





dari sini dapat kita ambil kesimpulan
  1.   jangan sembarangan menggati bcu/ ecu/ cdi karena akan berakibat ledakan power yang terlalu besar sehingga gerakan piston akan liar dan bisa menabrak silinder head.
  2.     bisa berakibat keborosan bahan bakar dan kantong kosong 


quote hari ini:
"masa lalu itu , adalah pengalaman jangan di jadikan acuan "

sekian tulisan dari saya, semoga menginspirasi
nuh2509@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar